Jumat, 24 April 2020

SAGUSABLOG DAN MERDEKA BELAJAR

Satu Guru Satu Blog

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah ke berbagai sendi kehidupan, terutama bidang pendidikan. Guru sebagai salah satu sumber belajar utama dan fasilitator pembelajaran dituntut untuk mampu menyajikan materi pembelajaran secara kreatif dan efektif. Kemampuan guru dalam memadukan model, metode dan media pembelajaran secara tepat mutlak dibutuhkan sehingga bisa membuat siswa aktif dan belajar secara mendalam, terutama pada era Revolusi Industri 4.0. 

Guru yang inovatif dan melek teknologi selalu menggunakan sumber dan aktivitas tambahan untuk memfasilitasi eksplorasi media, meningkatkan kepekaan, motivasi dan hasil belajar siswa. Kecakapan penggunaan media dan mengintegrasikan ke dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa, dan mengarah kepada pembelajaran yang lebih dinamis dan menggairahkan –sepanjang guru tidak menyuapi siswa dengan terlalu banyak media, tetapi mengintegrasikan aktivitas ini dengan bijaksana. 

Dalam pembelajaran di sekolah, beberapa model dan metode telah dikembangkan untuk mencapai tingkatan yang diinginkan oleh guru dan siswa. Berbagai sumber yang kaya fitur dan praktis penerapannya dibuat untuk menciptakan “siswa yang mahir”, menyiapkan siswa agar sukses di perguruan tinggi dan di karier mereka pada abad ke-21 serta memberikan solusi terhadap kegelisahan yang terjadi di beberapa sekolah dalam menghadapi perubahan kurikulum. Konsep Merdeka Belajar yang digaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan ruang yang luas bagi guru untuk mengembangkan kompetensi mengajarnya guna memberikan ruang eksplorasi pengetahuan bagi siswanya.


Salah satu pilihan media yang dapat digunakan dalam konteks di atas adalah blog. Aktifitas blogging banyak memberikan manfaat sebagai wadah untuk menyampaikan inspirasi, ekspresi, dan menambah jaringan serta dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan untuk menjembatani guru, siswa dalam lingkup yang lebih luas. Interaksi belajar dan dunia blogging tidak hanya antara guru dan siswa dalam satu kelas dan sekolah, tapi dapat menjangkau siapapun yang ingin mempelajarinya. 

Maka inisiasi pelatihan Satu Guru Satu Blog (Sagusablog) yang digagas dan dilaksanakan melalui program rutin Ikatan Guru Indonesia (IGI) menjadi sangat penting keberadaannya. Jika banyak guru memiliki kemampuan membuat blog maka kompetensi guru dalam memadukan pembelajaran dengan media dan teknologi yang tepat guna dan tepat sasaran akan tercapai. Aktifitas pembelajaran akan berjalan dengan lebih dinamis, dan diharapkan mampu memberikan andil bagi tercapainya tujuan pendidikan sesuai dengan semangat Merdeka Belajar. 

IGI adalah motor penggerak utama pelatihan Sagusablog ini adalah salah satu organisasi profesi resmi guru yang diakui pemerintah. Program utamanya adalah peningkatan kompetensi guru terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Bagi guru-guru yang ingin mengenal lebih jauh tentang IGI dan ingin mendaftar sebagai anggota, berikut video panduannya:






0 komentar:

Posting Komentar